Wednesday, December 16, 2009

Windows Task Manager


Windows Task Manager adalah salah sebuah fitur dari system operasi Microsoft Windows yang digunakan untuk menampilkan aplikasi-aplikasi dan program-program apa saja yang sedang berjalan pada komputer. Dengan Windows Task Manager anda juga dapat melihat status dari koneksi jaringan, semua user yang terkoneksi pada jaringan local anda serta dapat mengirim pesan ke user-user tersebut. Fitur ini sangat berguna ketika anda perlu melakukan mematikan program yang sudah tidak merespon atau pun mengakhiri sebuah proses yang terindikasi sebagai spyware atau pun virus.

Untuk mengakses Windows Task Manager dapat dilakukan dengan menekan tombol “Ctrl + Alt + Del” atau “Ctrl + Shift + Esc” pada keyboard, atau dapat juga dengan klik kanan pada Task Bar dan pilih Task Manager dengan menggunakan mouse.

Pada Tab Applications, dapat dilihat program-program apa saja yang sedang berjalan dan untuk mengakhiri program tersebut cukup dengan memilih program yang akan diakhir kemudian klik End Task. Hal ini cukup efektif dilakukan terutama untuk program yang sudah tidak lagi merespon (not responding).

Namun tidak semua program yang berjalan dapat ditampilkan pada tab Application, beberapa program lain hanya dapat diakses pada tab Processses. Setiap proses yang berjalan juga dapat diakhiri dengan klik End Process, dimana fitur ini sangat membantu ketika menemui indikasi adanya spyware yang berjalan.

Selain itu, dengan Windows Task Manager anda juga dapat memantau performa dari komputer pada tab Performance. Dimana menampilkan tingkat performa dari CPU, total proses, threads, besar Physical Memory, Commit dan Kernel Memory yang sedang diguanakan.

Sedangkan untuk melihat performa dan status dari koneksi jaringan pada komputer dapat diakses pada tab Networking. Anda juga dapat melihat siapa saja yang terkoneksi pada komputer tersebut dengan memilih tab User. Anda juga dapat memutuskan koneksi dengan user yang ada dengan klik Disconnect ataupun Logoff, serta mengirim pesan dengn klik Send Message.

No comments:

Post a Comment